Kamis, 17 April 2008

TIPS menjelang ujian....

FAKTOR X

Banyak faktor yang mendukung keberhasilan seseorang di ujian. Bisa jadi, karena memang pintar, jago menghafal, jago menganalisa soal, etc.

Menurut saya(ciee.....), yang namanya menghadapi ujian (apapun jenisnya, mau UAN kek, UAS, Ulangan....) selalu ada yang namanya faktor x. Faktor x ini merupakan hal yang di luar batas kita sebagai manusia (bahasa-ku makin keren aja ya...?). Nah, faktor x ini, ada dua hal yang saling berlawanan. Kita sebut saja x- positif dan x- negatif. X-positif dinamakan orang sebagai keberuntungan, dan lawannya, x-negatif dinamakan orang ketidakberuntungan (tapi saya lebih suka menyebutnya ‘belum jalannya’ or ‘bukan rejekinya’).

Faktor X di UAN bisa berupa; lupa nulis nama (ini mah...kelewatan!) or bulatannya kurang hitam, ato ada kesalahan data, or salah melingkari jawaban (maunya melingkari C, misalkan, but saking senangnya or saking gugupnya, malah melingkari D). Ini disebut juga ‘human error’ ato karena kesalahan manusianya sendiri.

Siapa pun, orang yang paling pintar sekalipun, tidak bisa menghindar dari faktor X ini. Tapi kita bisa mengantisipasinya. Salah satu caranya ; bersikap tenang dan teliti. But, kita manusia hanya berusaha, tetap YANG PUNYA KUASA lah yang menentukan, kita lulus apa tidak.

So, mulailah banyak-banyak berdoa, meminimalisasi kesalahan or dosa (yang mungkin aja jadi penghalang keberuntungan kita di ujian), dan yang paling penting, minta maaf dan doa sama orang tuanya masing-masing. Ridha orang tua, kan Ridha Allah SWT juga.

Siapa aja yang lagi menanti detik-detik menjelang ujian, GOOD LUCK!!!


16 April 08

Tidak ada komentar: